LATIHAN MATERI LHO UNTUK KELAS X

 

Setelah kalian mempelajari materi tentang teks LHO, sekarang saatnya mengasah kemampuan kalian!

PERHATIKAN CONTOH BERIKUT!

Jika kalian mengamati gambar ini apa yang ada di benak kalian?


Ya, jika kalian melihat dan mengamati sampah berikut ini, kira-kira apa saja sih yang kalian pikirkan?

  1. sampah
  2. jenis sampah
  3. pencemaran lingkungan
  4. manfaat sampah
Bagaimana? dari kelima poin tersebut pasti terlintas di benak kalian bukan? nah, dari poin-poin tersebut, coba kembangkan menjadi teks LHO dengan memerhatikan STRUKTUR TEKS LHO. Seperti contoh berikut.

STRUKTUR

TEKS

Judul

Sampah

Klasifikasi umum

Sampah merupakan bahan yang terbuang atau yang sengaja dibuang yang berasal dari hasil aktivitas manusia maupun dari proses alam yang belum mempunyai nilai ekonomis. Definisi lainnya sampah merupakan sisa material yang tidak diinginkan dan ciri dari berakhirnya suatu proses. Sampah sendiri bisa berasal dari alam, konsumsi, manusia, nuklir, industri, serta pertambangan.

Deskripsi bagian

Berdasarkan sifatnya sendiri, sampah dapat dibagi menjadi dua jenis yakni sampah organik dan sampah non organik. Sampah organik merupakan sampah yang dapat diuraikan serta sampah yang mudah membusuk seperti sisa dari makanan, sayuran, dan daun kering. Sedangkan sampah non organik sendiri merupakan sampah yang tidak dapat diuraikan dan tidak bisa membusuk seperti plastik dan kayu.

Untuk sampah organik sendiri biasanya dapat dimanfaatkan kembali menjadi pupuk kompos yang berguna bagi tanaman atau tumbuhan. Sedangkan untuk sampah non organik sendiri biasanya dijadikan bahan dasar daur ulang yang dapat dijadikan peluang usaha. Berdasarkan bentuknya sendiri sampah dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yakni diantaranya: sampah padat, sampah cair, sampah alam, sampah manusia, sampah konsumsi, dan limbah radioaktif.

 

Deskripsi manfaat

Di zaman yang sudah semakin canggih ini, semakin banyak manusia yang tidak sadar akan menjaga kebersihannya. Yakni salah satunya dengan tidak membuang sampah pada tempatnya. Mereka menghiraukan pencemaran lingkungan yang sebenarnya dapat membahayakan kesehatan. Selain itu, banyak juga cara membuang sampah yang salah satunya yakni membuang sampah dengan cara dibakar, hal tersebut tentu akan merusak lingkungan.


Teks yang ada di dalam tabel tersebut adalah bentuk pengembangan teks berdasarkan poin-poin yang sudah kalian tulis dari mengamati gambar sampah tadi.  karena kalian tadi mengamati gambar sampah dan menemukan 5 poin tadi, terbentuklah teks LHO dengan menyertakan struktur teksnya,  yaitu klasifikasi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat.

 

Sekarang, silakan simak video berikut ini sampai habis dan tugas kalian:

  1. Dengarkan dengan saksama!
  2. Catat poin-poin penting yang disampaikan video berikut!
  3. Kembangkan menjadi teks LHO dengan memerhatikan struktur teksnya!
  4. CONTOH PENGERJAAN SUDAH DIJELASKAN DI TABEL YA!












Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI PROPOSAL KELAS XI SMK

TEKS EDITORIAL UNTUK KELAS XII

TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS X